4 Jenis Mainan Hobi Miniatur dan Figure Populer yang Banyak Diminati dan Kolektif

Salam dolanan...
Jumpa lagi teman-teman pembaca di artikel terbaru ini. Kali ini penulis akan mulai masuk ke topik pembahasan yang lebih spesifik dari mainan modern hobi dan koleksi yang sudah dibahas dalam artikel sebelum-sebelumnya. 


Ada baiknya penulis akan mengajak teman-teman pembaca untuk me-review mainan-mainan apa saja yang bisa dijadikan hobi dan koleksi sebelum melanjutkan ke pokok pembahasan.


Berikut kategori mainan hobi & koleksi :

1. Miniatur (bangunan, alat transportasi, equipment, makanan & minuman, dll)

2. Figure (komik, animasi kartun, film, dll)

3. Boneka (binatang, karakter, manusia/bayi, dll)

4. Merchandise (team olahraga, tokoh, film, dll)

Berdasarkan keterangan di atas terdapat 4 jenis mainan yang disebutkan oleh penulis, namun kali ini penulis hanya akan membahas no. 1 & 2, sementara no. 3 & 4 tidak dibahas.

Mengapa tidak dibahas ?? alasannya karena penulis tidak termasuk bonekaholic dan merchandiseholic. Hahahaha.......

SUDAH SIAP??

Lanjut.........



Mainan hobi dan koleksi
Mainan hobi dan koleksi 

MINIATURE 

"suatu tiruan sebuah objek / benda seperti tempat, bangunan, alat transportasi, equipment, makanan&minuman atau objek lain yang dapat dilihat dari segala arah (3 dimensi)"

Mainan yang masuk dalam kategori ini adalah mainan-mainan yang sama persis detailnya dengan bentuk asli mainan tersebut, hanya saja ukuran (scale) diperkecil. 

Dengan kata lain mainan ini bisa disebut replika. Untuk jenis-jenisnya antara lain miniatur bangunan, alat transportasi, equipment dan diorama. Lanjut lagi kita bahas lebih dalam.


  • Miniatur Bangunan

Pada umumnya miniatur bangunan ini tidak bisa kita kategorikan sebagai suatu mainan, lebih tepatnya adalah maket dan biasanya banyak kita jumpai di mall, pameran property, dan objek-objek wisata tertentu.

Bangunan yang dimaksud bisa diartikan secara luas dan tidak hanya berorientasi pada bangunan rumah, gedung bertingkat, sarana & prasarana umum. Bisa jadi bangunan public area (Mall, SPBU, Workshop, dll). 

Untuk maket sendiri biasanya adalah handmade sedangkan miniatur adalah manufacturing alias buatan pabrik yang diproduksi dalam jumlah besar untuk kemudian dipasarkan.

  • Miniatur Alat Transportasi

Kira-kira untuk mainan kategori yang ini teman-teman sudah pada tahu gak ya? 
Miniatur Alat Transportasi, dari namanya saja sudah langsung nyambung kan. Tiiing.....

yup, kebanyakan nyambungnya transportasi darat, laut, dan udara. 

Darat antara lain andong / delman, becak, sepeda, motor, bemo, mobil, bus, truck, kereta api, dan heavy equipment (alat berat), 

Laut - kapal barang & penumpang, kapal selam, kapal kayu, 

Udara - helikopter, pesawat terbang, jet, pesawat ulang-alik. untuk miniatur darat akan dibahas lebih lanjut oleh penulis pada artikel mendatang.

  • Miniatur Equipment, Makanan & Minuman

Miniatur equipment (peralatan) dan makanan, sesuai dengan namanya mainan ini adalah replika dari peralatan sehari-hari yang ada disekitar kita. Mulai dari peralatan rumah tangga (dapur, perabot, dll), berkebun, reparasi sampai dengan peralatan kantor

Kalau makanan & minuman sudah barang tentu miniatur dari makanan - minuman. misalnya saja pizza, sushi, burger, hot dog, tart, kue kering,ikan, buah-buahan dan sayuran

Dewasa ini miniatur makananan & minuman bisa kita buat sendiri alias hand made. bahan-bahan mentahnya pun banyak dijual dipasaran. kalau tidak salah bahan utamanya clay.


FIGURE

" a) Sebuah bentuk, gambar atau penggambaran; 
  b) miniatur patung representasi (mewakili) karakter; 
  c) patung karakter "

Penulis lebih setuju pada point (b) & (c) karena sesuai dengan tema dan commitment dari blog ini sedari awal dibuat, yaitu tentang mainan. Yup...figure adalah salah satu mainan modern hobi & koleksi lintas jaman. tidak ada pantangan untuk mainan yang satu ini, tiap umur, gender, profesi maupun status sosial bisa memainkannya. 

Figure ini mainan hobi dan koleksi yang paling banyak komunitasnya, bisa dibilang 11-12 sih kalau kita bandingkan dengan miniatur alat transportasi darat (mobil). Ragam dan bentuknya pun bermacam-macam sampai penulis sendiri sedikit kesulitan untuk menjabarkannya. 



Pada intinya mainan figure yang ada di indonesia ini terdiri dari action figure, komik figure, animasi figure dan film figure. Pokoknya joss lah teman-teman.

Akhir kata penulis sampaikan ucapan terima kasih kepada teman-teman pembaca yang bersedia untuk mampir ke blog ini. Mudah-mudahan artikel Mainan Hobi Miniatur, Mobil-mobilan dan Figure memberikan banyak informasi yang bermanfaat. 

Jangan lupa untuk subscribe dan mengisi alamat email pada kolom submit bagi yang ingin mengikuti update dari blog ini.

No comments

Powered by Blogger.