2 Kategori Mainan Hobi Miniatur: Diecast Mobil dan Klasifikasinya #1

Salam dolanan…..

Untuk kesekian kalinya kita bertemu lagi dalam blog ini. Masih dalam topik mainan hobi miniatur seperti yang sudah dijabarkan oleh penulis pada artikel sebelumnya.


Kira-kira apaan ya ....

Mau tahu gak?


Lanjut lagi klo gitu ya…..


Sebelum masuk lebih jauh, terlebih dahulu kita akan menyamakan persepsi tentang kategori mobil sesuai dengan kontruksi dan fungsinya.

Secara umum mobil dibagi dalam 9 kategori, sbb :

1.   Sedan
2.   Hatchback
3.   Station Wagon
4.   Minivan
5.   Coupe
6.   Sport
7.   Luxury
8.   SUV
9.   MPV


SEDAN

adalah sebuah jenis mobil penumpang dengan 3 macam konfigurasi dengan Pilar A, B, dan C. 

Bagian untuk penumpang terdiri dari 2 baris tempat duduk dengan kapasitas sampai dengan 5 orang. 

Untuk barang biasanya diletakkan di belakang, kecuali untuk beberapa mobil yang mesinnya diletakkan di belakang. Berikut yang dimaksud :


HATCHBACK

adalah bentuk mobil penumpang 2-Box sedan dengan bagian belakangnya lebih pendek dan pintu bagasi yang menyatu dengan kaca belakang. 

Pintu bagasi ini membuka ke atas dan ruang bagasi menyatu dengan ruang penumpang. 

Mobil dengan bentuk Hatchback biasanya termasuk kategori City car atau mobil mini, mobil kecil (segment B), atau mobil kompak (segment C). 


STATION WAGON

adalah bentuk mobil berbasis sedan yang atap bagian belakangnya dipanjangkan sampai ke atas bagasi. 

Hal ini membuat ruang bagasi station wagon menyatu dengan ruang penumpang. Dengan demikian station wagon memiliki pilar D pada ujung belakangnya. 

Station wagon pada umumnya memiliki pintu bagasi yang membuka ke atas seperti layaknya hatchback namun ada juga yang memiliki pintu membuka ke bawah dan jendela yang dapat dibuka terpisah.


MINIVAN

kendaraan yang dirancang terutama untuk keselamatan dan kenyamanan penumpang , dengan tiga baris kursi dewasa ukuran , akses melalui pintu geser yang besar , dan mobil seperti ini mendapat penanganan dalam konsumsi / ekonomis bahan bakar.


COUPE

adalah bentuk badan mobil yang umumnya memiliki 2 pintu. 

Tak ada definisi baku untuk bentuk ini karena masing-masing pabrikan memiliki definisi sendiri-sendiri serta berkembang seiring waktu. 

Mobil coupe seringkali berupa variasi dari mobil sedan saloon dengan bagian dalam berisi hanya dua kursi atau 2+2 kursi (dua di depan dan dua di belakang). 

Umumnya coupe memiliki 2 pintu, namun beberapa manufaktur menciptakan klasifikasi coupe baru seperti sedan coupe 4 pintu, yaitu sedan dengan bodi menyerupai coupe.


SPORT

adalah mobil yang mengutamakan pengendalian dan performanya. 

Pada umumnya mobil sport berbentuk sedan 2 pintu, namun ada pula yang merupakan versi kemampuan tinggi dari sedan atau hatchback. 

Bentuk coupe sendiri ada yang benar-benar 2 pintu, dan ada yang 3 pintu. Selain itu ada juga model yang atapnya bisa dibuka.


LUXURY

sebuah istilah pemasaran untuk sebuah mobil yang menyediakan kemewahan. 

Istilah tersebut menyatakan bahwa mobil tersebut memiliki beberapa ciri-ciri antara lain :

1. Ekuipmen berkualitas tinggi, Penampilan bagus, 

2. Konstruksi lebih prestisius, Kenyamanan,  

3. Rancangan tingkat tinggi, Teknologi modern yang inovatif,  atau 

4. Menampilkan sebuah image, Merek,Status,Prestige ,  atau 

5. Penampilan 'berbeda' lainnya atau percampuran diantaranya. 


SUV

adalah jenis kendaraan penumpang yang digabungkan dengan kemampuan membawa penumpang dan juga barang dengan kelincahan truk pickup.

Biasanya mobil yang digolongkan sebagai SUV dilengkapi dengan penggerak 4 roda agar bisa digunakan untuk off-road.

Meskipun begitu, banyak mobil SUV di Indonesia yang tidak dilengkapi dengan penggerak 4 roda. 


MPV

adalah mobil yang difungsikan untuk mengangkut keluarga dengan dimensi dan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan mobil sedan.

Sekarang ini, MPV pun muncul dengan kategori baru yaitu diklaim dengan nama Mini MPV, secara isi penumpang untuk 5 Penumpang, namun secara loading mampu memuat barang lebih banyak dibandingkan mobil sedan.

Mobil jenis MPV di Indonesia saat ini banyak ditemui di jalanan mulai dari kelas mini MPV,big MPV extra big MPV, karena ketiga kategori tersebut memang diminati oleh konsumen indonesia.

Kira-kira sampai di sini sudah sama belum persepsi kita?


Sudah?


OK deh... kita lanjut lagi

Teman-teman mungkin sudah tidak asing dengan kata benda di bawah ini.... 




yup...... dari namanya saja sudah sangat familiar. Namun tidak ada salahnya jika kita definisikan terlebih dahulu arti kata D - I - E - C - A - S - T

Secara umum :

Sebuah bentuk cetakan / bahan (matras) yang berasal dari besi, alumunium, magnesium, tembaga dan timbal. atau merupakan kombinasi dari beberapa bahan tersebut.

Secara hobi :

Mainan atau model yang diproduksi dengan menerapkan teknik die-casting, yaitu menuangkan logam cair ke dalam cetakan.

Mainan hobi yang satu ini sudah teramat populer di seluruh dunia. dari jaman baheula sampai hari ini masih banyak peminatnya. pokoknya everafter lah kayak Romeo & Juliet...hahahaha.

Diawal kemunculan diecast mobil ini, bentuk dan desainnya sangat persis dengan mobil yang sesungguhnya. Hanya saja memiliki ukuran yang berbeda pada skala dan detailnya.

Diecast mobil sendiri sangat banyak jenisnya, dan diawal artikel penulis sudah menjabarkannya. Masing-masing kategori tersebut umumnya dibuat oleh setiap produsen mainan di seluruh dunia. 

Sebut saja Autoart, J Collection & Premium - X (IXO Models), Kyosho, Revell, Solido, Norev, dan brand-brand lain yang akan penulis bahas lebih lanjut nantinya.

Seiring berjalannya waktu, diecast mobil mengalami banyak sekali perubahan dan modifikasi. setiap produsen mainan mempunyai strategi, pangsa pasar dan penggemarnya sendiri.

Sehingga muncul berbagai macam ide untuk memproduksi diecast mobil dalam bentuk karakter. baik dari film kartun animasi, super hero maupun karakter yang lainnya. 


KLASIFIKASI DIECAST

Adapun diecast mobil diklasifikasikan menurut beberapa hal. antara lain :

A. Pangsa Pasar (Market share)

  • Standard Class (Low - Medium)

Untuk tipe diecast yang satu ini sudah jamak diperjual-belikan di toko dan reseller mainan di indonesia. bak secara online maupun offline. Peminatnya ± 50-60% dari total keseluruhan di dunia.

Umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

1. Material yang standard atau komposisi yang dipakai pada saat produksi sebagaimana umumnya die-casting. 

2. Detail diecast tidak terlalu mencolok, kualitas cat, tingkat ke-presisian, interior dan eksterior cenderung seperti mainan mobil yang jamak di pasaran.

3. Pullback action : jika ditarik mundur dan dilepaskan, otomatis akan meluncur ke maju secara bebas.

4. Skala pada kategori ini umumnya 1:24 - 1:40 an

5. Desain dan tampilan box pembungkus yang standar. sangat jarang yang memiliki point of value atau faktor "X" pada kemasannya.

Kinsmart
Welly
Bburago
Jika diantara teman-teman pembaca adalah pecinta mainan hobi diecast, khusus newbie / pemula sebaiknya bisa mulai fokus dulu ke tipe yang ini.

Brands : WELLY NEX, KINSMART, RASTAR, NEWRAY, UNICAR, TOP MARK, MOTORMAX, MAISTO, BBURAGO, HOTWHEELS, GREENLIGHT, M2, SAICO dll

  • Premium / Middle Class (Medium - Up)

Kalau tipe yang satu ini memang menjadi fokusan para diecastholic. Di indonesia sendiri prosentase peminatnya diangka ± 30-40%.

Selain itu tidak semua toko mainan lokal, baik yang besar maupun yang kecil menjualnya. Ebay, Amazon, Alibaba merupakan beberapa portal online di luar negeri yang mayoritas usernya adalah seller diecast tipe ini.

Tipe ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

1. Material sedikit di atas rata-rata atau sedikit diatas Standard Class. Pada brand tertentu bahannya dari resin.

2. Detail diecast cukup baik, kualitas cat, tingkat ke-presisian, interior & ekterior mencapai ±70% dibanding bentuk mobil aslinya. 

3. Mayoritas no - pullback action. kalaupun ada sangat sedikit sekali yang diproduksi.

4. Umumnya skala sangat bervariasi pada kategori ini. 1:18, 1:43, 1:64, 1:72 dan sebagainya.

5. Adanya base stand (tatakan). biasanya terbuat dari plastik atau logam tertentu. dan Acrylic Box.

Minichamps
BBR
Vitesse
Brands : JADA, KYOSHO, MINICHAMPS, BBR, EBBRO, HW ELITE, HPI, IXO / ATALYA, PAUDI, VITESSE, YAT MING, NOREV, NORSCOT, SUN STAR, UT, dll

HW Elite
HPI

  • Signature Class, Rare / Limited Edition (High - Collector Class)
Nah tipe yang ini lebih isttimewa jika dibandingkan dengan kedua tipe di atas tadi. 
Signature Models
Yat Ming Sign.Series
Schuco Pro - R

Ciri-cirinya sebagai berikut :

1. Material kombinasi yang spesifik. sangat jarang diketahui oleh publik karena menyangkut hak cipta, namun hi-quality material.
2. Detail diecast, kualitas cat, tingkat ke-presisian, interior & ekterior mencapai ±99% dibanding bentuk mobil aslinya. 
3. No - pullback action
4. Skala sedang - kecil. 1:43 -1:100
5. Adanya base stand (tatakan). biasanya terbuat dari plastik atau logam tertentu yang disajikan dalam tampilan mewah dan menawan (kulitleather) sesuai dengan cita rasa produsen. dan Acrylic Box.


Dengan adanya ciri-ciri tersebut, penulis rasa untuk Signature Class, Rare Class tidak bisa disebut mainan hobi lagi. dari segi harga saja kita bisa tahu perbedaannya dengan yang Standard & Premium Class. Lebih tepat kalau kita sebut investasi. Kenapa disebut investasi?

Begini alasannya :

1. Sifat Rare, Limited Edition 
Diecast tersebut tidak selalu dimiliki oleh setiap kolektor (rare / langka), dan tidak beredar dalam jumlah yang banyak di pasaran (limited edition)

sehingga dalam kurun waktu tertentu akan mempunyai suatu pride (kebanggaan) yang tidak dimiliki oleh kolektor yang lain. Harganya pun tidak bisa kita tentukan dalam ukuran mata uang tertentu alias tergantung si pemiliknya.

2. Sifat Hystorical / Legacy
Merupakan suatu "harta" yang diwariskan secara turun-temurun. Hal ini yang membuat si pemilik diecast tersebut hampir / tidak akan pernah menjualnya kepada orang lain. bila perlu akan terus diwariskan secara turun-menurun.

3. Sifat Respecting
Sebenarnya hal ini secara tidak langsung karena adanya 2 sifat di atas tadi. 

HW Super Elite
Sun Star Platinum
Yat Ming Sign.Series

Brands : CMC, BBURAGO SIGNATURE SERIES, AUTOWORLD, HW SUPER ELITE, KYOSHO HI-END, MAISTO EXCLUSIVE, SHUCO PRO-R, SIGNATURE SERIES, YAT MING SIGNATURE SERIES, PREMIUM CLASIXXs, dll

Akhir kata penulis ucapkan terima kasih kepada teman-teman pembaca 2 Kategori Mainan Hobi Miniatur: Diecast Mobil dan Klasifikasinya yang bersedia meluangkan waktunya untuk mengunjungi blog ini.

Pada waktu mendatang, penulis masih akan membahas tentang diecast mobil dalam kategori tahun pembuatannya,yang merupakan kelanjutan dari yang dibahas dalam artikel ini. 

Tentunya dengan materi yang baru serta berdasarkan riset dan pengalaman pribadi dari penulis.

Jangan lupa sucsribe untuk berlangganan artikel terbaru dari blog ini.


Salam Dolanan.....


No comments

Powered by Blogger.